UTS ( SMESTER II ) ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR KAMPUS MILENIAL ITBI

 NAMA        : FAZASOKHI GIAWA

KELAS        : MALAM

JURUSAN   : TEKNIK INFORMATIKA

1. Jelaskan peran dan fungsi sains dan teknologi dalam peradaban manusia !

2. Jelaskan hubungan manusia sains dan teknologi !

3. Jelaskan fungsi keindahan dalam kehidupan manusia !

4. Manusia sebagai pencipta dan pendukung keindahan, jelaskan pernyataan tersebut !

5. Jelaskan proses terjadinya pelapisan sosial !

6. Mengapa terjadi pelapisan sosial dalam kehidupan masyarakat !

7. Jelaskan arti penting lingkungan hidup bagi manusia !

8. Jelaskan prinsip-prinsip dasar pembangunan berkelanjutan !

9. Jelaskan fungsi keluarga dalam kehidupan manusia !

10. Jelaskan tahap pertumbuhan individu !

Jawab

1. Dalam peradaban manusia , perkembangan sains dan teknologi sangatlah  sentral . Hal itu menyebabkan banyak negara berlomba-lomba untuk mengembangkan sains dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan teknologi maka berimbas pada kemajuan bangsa tersebut. Namun dalam penerapannya, sains dan teknologi selalu mempunyai dampak positif dan negatif.

2. Dalam kehidupan manusia, sains dan teknologi digunakan sebagai acuan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan beserta isinya, serta digunakan sebagai  alat untuk mengeksploitasi, mengolah ,dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan manusia.

3. Keindahan merupakan bagian penting dari manusia yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Menurut saya, keindahan dapat berdampak positif bagi psikis manusia. Selain itu, Keindahan juga dapat membuat mood kita menjadi baik. Keindahan juga banyak memberikan dampak positif bagi manusia. Seperti kesenangan, kepuasan dsb. Keindahan juga dapat dikatakan sebagai patokan bagaimana keadaan suatu manusia dengan alam sekitarnya. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan melestarikan keindahan disekitar kita agar bisa kita teruskan ke generasi-generasi berikutnya. Dan masih banyak lagi manfaat keindahan bagi kehidupan manusia. Jadi, perlunya menjaga keindahan yang sudah disediakan oleh alam maupun yang diciptakan manusia sangat berdampak bagi generasi selanjutnya.

4. Manusia sebagai makhluk hidp yang paling mulia serta sempurna, memiliki kaitan yang erat terhadap keindahan. Karena Tuhan sebagai sang pencipta sangat menyukai keindahan, jadi sudah menjadi kewajiban dan tanggungjawab manusia untuk selalu menjaga, merawat, serta melestarikan keindahan yang telah Tuhan ciptakan di alam ini.

Ø  Manusia sebagai pencipta keindahan

Paul valery, estetika/ keindahan timbul tatkala “Filsuf “terbuka pikiran dan hatinya” untuk menyelidiki dan merasakan sesuatu ‘tidak wajar atau tidak seharusnya dan mengharukan’, seperti penindasan, perampasan hak-hak, tragedi pembunuhan, mengkultuskan dsb. Sesuatu yang indah : “diciptakan oleh manusia”; wujud konkritnya berupa sebuah karya bersumber dari unsur cipta, rasa dan karsa. Karya-karya itu berbentuk, ilmu pengetahuan, teknologi, seni musik, tari, lukis, puisi, drama, teatre, kriya, bangunan gedung, rumah, menara, dan peralatan berguna bagi hidup manusia.

Ø  Manusia sebagai Pendukung Keindahan

Sebagia masyarakat yang kapasitasnya dan peranannya sebagai “ pengguna, pelestari, pengembang” hasil karya manusia berupa ilmi pengetahuan dan teknologi seni, bangunan gedung,  menara, kriya dan peralatan-peralatan yang dihasilkan oleh manusia sebelumnya, maupun dijaman sekarang.

5. Pelapisan Sosial terbentuk berdasarkan dua teori yaitu:

Ø  Terjadi dengan Sendirinya, proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya. Oleh karena itu sifat yang tanpa disengaja inilah yang membentuk lapisan dan dasar dari pada pelapisan itu bervariasi menurut tempat, waktu, dan kebudayaan  

Ø    Terjadi dengan Sengaja, sistem pelapisan ini dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama. Dalam sistem ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya kewenangan dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang. Didalam sistem organisasi yang disusun dengan cara sengaja, mengandung 2 sistem, yaitu: Sistem Fungsional, merupakan pembagian kerja kepada kedudukan yang tingkatnya berdampingan dan harus bekerja sama dalam kedudukan yang sederajat. Sistem Skalar, merupakan pembagian kekuasaan menurut tangga atau jenjang dari bawah ke atas ( Vertikal )

6. Jadi adanya pelapisan dalam masyarakat berawal dari adanya sesuatu yang dihargai. Sesuatu yang dihargai itu mungkin memiliki nilai ekonomis misalnya ternak, tanah, uang, dan benda-benda lainnya. Mungkin juga tidak bernilai ekonomis tetapi mempunyai nilai mana misalnya keturunan, kekuasaan, kesalehan, dan pendidikan.

7. lingkungan merupakan tempat berlangsungnya kehidupan mahkluk hidup lingkungan sangat penting bg manusia krn dr faktor lingkungan kepribadian seseorang juga dapat terbentuk. lingkungan juga dapat memberikan ketersediaan bahan pangan, sandang, dan papan. Lingkungan juga  sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup karena lingkungan merupakan daya dukung kehidupan. Oleh sebab itu, makhluk hidup tak  akan bisa dipisahkan dari lingkungannya. Lingkungan meliputi segenap unsur biotik dan abiotik. Lingkungan menjadi tempat makhluk hidup mencari makanan. Dan khusus bagi manusia, lingkungan merupakan tempat untuk melakukan aktifitas sosial, politik, ekonomi, budaya dan lain lain. Lingkungan merupakan habitat yang menjadi wahana bagi kelanjutan kehidupan.

 8.  5 Prinsip dasar pembangunan berkelanjutan :

Ø  Equity (pemerataan), pemerataan adalah merupakan target pokok dari pembangunan yang berkelanjutan. Dengan adanya pemerataan diharapkan mampu meminimalisasi adanya kesenjangan baik dari segi ekonomi dan sosial serta dapat memberikan kesempatan yang seimbang bagi semua masyarakat.

Ø  Ekonomi, pendekatan pembangunan dari sisi ekonomi pada pembangunan berkelanjutan menitikberatkan pada meningkatnya keahlian para pekerja sehingga dapat meningkatkan daya saing dalam memperoleh pekerjaan yang layak, mendapatkan pendapatan yang lebih baik, sehingga bisa meningkatkan performa infrastruktur dasar seperti perumahan, sistem air, jalan, dan lainnya, serta infrasruktur informasi.

Ø  Energi, penghematan energi adalah hal yang harus diterapkan dalam pembangunan berkelanjutan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoptimalkan penggunaan energi terbarukan, seperti menggunakan pencahayaan alami pada bangunan-bangunan yang dibangun, mengutamakan pembangunan transportasi massal dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi demi menghemat penggunaan sumber-sumber energi.

Ø  Ekologi, dalam pembangunan berkelanjutan kita harus berupaya untuk melakukan pelestarian ekologi dengan cara semaksimal mungkin menggunakan  lahan campuran,  membuat sistem integrasi antara transportasi dan bangunan, memperhatikan akan keberadaan ruang terbuka hijau, dan melakukan pembatasan terhadap pemekaran kota secara berlebihan.

Ø Engagement (peran serta),  masyarakat harus berperan serta dalam proses pembangunan berkelanjutan. Pemerintah juga turut berperan sebagai fasilitator pemberdayaan masyarakat yang mampu menampung aspirasi dari masyarakat.

9. Keluarga memiliki fungsi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, seperti biologis, ekonomi, sosialisasi, pendidikan, dan masih banyak lagi. Mengapa? Karenakeluarga adalah salah satu dasar terbentuknyakehidupan sosial bermasyarakat.

10.  Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju kearah yang lebih maju, menurut para pakar yang menganut aliran asosiasi berpendapat, bahwa pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi. Berikut proses pertumbuhan individu berdasarkan psikologis :

Ø  Masa vital, yaitu ari usia 0.0 sampai kira-kira 2 tahun. Pada masa ini individu mengunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya. Menurut Frued tahun pertama dalam kehidupan individu itu sebagai masa oral, sebab mulut dilihat sebagai sumber kenikmatan dan ketidak nikmatan. Pendapat semacam ini mungkin beralasan kepada kenyataan, bahwa pada masa ini mulut memainkan peranan penting dalam kehidupan individu.

Ø  Masa estetik, dari umur kira-kira 2 tahun sampai kira-kira 7 tahun masa estetik ini dianggap sebagai masa pertumbuhan rasa keindahan. Sebenarnya kata estetik dianggap sebagai masa pertumbuhan rasa keindahan. Sebenarnya kata estetik diartikan bahwa pada masa ini pertumbuhan anak yang terutama  adalah fungsi pancindera. Dalam masa ini pula tampak muncul gejala kenakalan yang bisasnya terjadi antara 3 tahun sampai umur 5 tahun.

Ø  Masa intelektual, dari kira-kira 13 tahun atau 14 tahun setelah anak emlewati masa kegoncangan yang pertama, maka proses sosialisasinya telah berlangsung dengan lebih efektif. Sehingga menjadi matang untuk untuk dididik daripada masa-masa sebelumnya. Masa keserasian bersekolah ini diakhiri dengan suatu masa pueral. Sifat-sifat anak pada masa pueral ini mempunyai sifat-sifat yang khas, yang pertama adalah ditujukan untuk berkuasa (menimbulkan tingkha laku dari perbuatan yang berorientasi ke luar dirinya (ingin menyaksikan keadaan-keadaan dunia di luar dirinya).

Ø  Masa sosial, kira-kira umur 13 atau 14 sampai kira-kira 20-21 tahun masa sosial adalah masa yang banyak menarik perhatian masyarakat sebab mempunyai sifat khas dan menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakatnya,  dan dia harus mengarahkan dirinya agar dapat menemukan diri, peneliti sikap hidup yang lama dan mencoba hal-hal baru agar dapat menjadi pribadi yang dewasa.